Kumpulan Berita Unik, Menarik, Lucu dan Langka serta banyak Keanehan dan Keajaiban di dunia.

Pengertian Tentang Jabal Magnet (Magnetic Hill)

Sungguh kekuasaan allah yang tak terhingga, Fenomena alam yang tak kunjung habis di madinah dan mekah ini. Kini, Jabal Magnet atau Gunung Magnet atau dalam bahasa inggris disebut Magnetic Hill menjadi fenomenal dan banyak dibicarakan  di penjuru dunia dan jamaah umrah maupun haji. Jabal Magnet ini berada di arab saudi. Kelebihan jabal magnet ini yaitu dapat mendorong kendaraan dengan kecepatan 120 km/jam dengan posisi pesnelling netral, gunung ini terkenal karena dianggap memiliki anomali  gaya gravitasi.
banyak yang bilang bahwa jabal magnet ini adalah bukit magnet atau mempunya magnet yang sangat kuat, tetapi ada yang bilang juga bahwa bahwa jabal magnet disebabkan oleh ilusi optik yang dihasilkan oleh lansekap gunung tersebut. Pepohonan dan lereng di kawasan tersebut menipu mata kita. Jadi, saat jalan terlihat menurun, sebenarnya itu jalan tersebut menanjak. Sebaliknya, saat jalan terlihat menanjak, sebenarnya itu adalah jalan menurun.
Pengertian tentang jabal magnet (Magnetic Hill)

Wartawan Fajar mencoba menelusuri gunung ini dengan merental taksi. Tarif untuk ke tempat ini tergantung dari nego dengan sopir. Biasanya 100 hingga 400 riyal.  Lokasinya memang cukup lumayan dari Kota Medinah, sekitar 40 km menuju arah Kota Tabuk. Jabal Magnet berada di luar daerah haram, sehingga bebas dikunjungi warga non muslim. Jika dilihat secara kasat mata, sebetulnya tidk jauh beda dengan bukit-bukit batu gersang seperti yang banyak mengelilingi kota madinah. Hanya ketika kendaraan sampai di jalan raya di antar perbukitan tersebut, baru akan merasakan ada sesuatu yang aneh. pengaruh magnet itu mulai bila kendaraan melaju dari bendungan air yang letaknya tak jauh dari putaran hingga bukit menjelang belokan ke madinah. Setelah sekitar melaju lima km, kecepatan mobil mulai berkurang sedikit demi sedikit, padahal jalan masih menurun. Akhirnya, mobil memiliki kecepatan lambat saat berada di depan bendungan air.
Sejak itu, cerita tersebut menyebar ke berbagai pelosok dan ramai dikunjungi warga, baik dari Arab sendiri maupun dari negara lain. Bahkan menurut ceritanya, sebagian warga ada yang melakukan berbagai ritual agama di sana. Namun, karena di lokasi ini bukan merupakan tempat untuk melakukan ritual, pemerintah Arab Saudi melarangnya dan menjadikan kawasan ini sebagai objek wisata semata.
Untuk itu, pemerintah Arab Saudi sudah membangun jalan raya yang begitu lebar agar pengunjung bisa merasakan dorongan magnet ketika melaju dengan kendaraannya. Di bagian ujung dibuat jalan melingkar untuk putaran ketika pengaruh medan magnet sudah lemah.
Selain itu, di kedua sisi jalan sudah dibangun tenda-tenda untuk pengunjung dan sudah ditanam pohon-pohon agar kelihatan lebih hijau. Bahkan, di sebuah dataran yang berpasir, terdapat arena bermain mobil-mobilan untuk anak-anak. Kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah toilet untuk umum.
Jalan dari Kota Madinah menuju kawasan ini juga sudah lebar dan mulus, sehingga untuk sampai ke lokasi tidak sampai 45 menit dengan mobil kecil atau bus. Pemandangan di kedua sisi jalan menuju kawasan ini juga cukup indah dan menakjubkan. Sebelah kanan dan kiri jalan dikelilingi oleh gunung berbatu. Terdapat juga areal peternakan domba, unta, serta kebun kurma yang membuat gurun menjadi agak menghijau.
Kini Jabal Magnet sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk melihat dan merasakan adanya fenomena alam yang masih misterius. Bahkan, orang-orang dari negara asing saat berkunjung ke Medinah jarang yang melewatkan peristiwa langka ini.

Kata kunci artikel :
Pegertian tentang magnetic hill,pengertian tentang bukit magnet,penjelasan tentang jabal magnet,penjelasan tentang bukit magnet,mobil berjalan terbawa oleh magnet,bukit magnet.




Jika Artikel Ini Membantu, Klik Share


Tag : Misteri
Back To Top